5/01/2009

Numpang icon tutorial yaaa...

Yap, yang udah nengok DA gw, pasti tau bahwa gw adalah orang iseng yang minggu2 libur gini bukannya nyicil belajar buat Ulum malah potosopan. Sebenernya, gw berniat bikin tutorial berupa gambar kek yang di DA ntu tuuuh... Nah, gw urai aja dlu dsini yaaa...

1. Buat window dengan ukuran 100 x 100 pixels. Isi dengan warna cerah. Terserah mo pake warna yang mana. Tapi yang ini, gw pake warna oren
Image hosting by IMGBoot.com

2. Colong vector. Yia lo... Pake aja gambar berformat PNG biar gampang. Untuk contoh ini, gw pake render Tainaka Ritsu - K-On! Pake Move Tool, pindain vector barusan ke si window oren tadi. Kek gini lhoo..
Image hosting by IMGBoot.com
Sharpen gambarnya sekali aja.

3. Colong tekstur2 dari HoneyLion. Step ini, gw nyolong tekstur yang ini:

Pindain tekstur tadi ke ritsu oren yang lagi kita kerjain. Layer tekstur ini harus ada di paling atas. Nutupin? Biarin bung.. Baru mau dijelasin...
Klik layer yang isinya tekstur tadi (kita kasih nama tas1), terus set modenya jadi 'screen'. Opacity ama fill tetep 100. Apus bagian2 tekstur yang masih nutupin mukanya pake brush tool yang modenya udah di set jadi 'clear'(kerjain di layer tas1-nya lho ya...). Hasil yang gw dapet:
Image hosting by IMGBoot.com

4. Colong lagi tekstur dari tempat yang sama. Sekarang, colong tekstur yang ini:

Pindain tekstur tadi ke ritsu oren yang lagi kita kerjain. Layer tekstur ini harus ada di paling atas. Nutupin lagi? Biarin dulu...
Klik layer yang isinya tekstur tadi (kita kasih nama tas2, iye daaah gw gak kreatip), terus set modenya jadi 'lighten'. Opacity ama fill tetep 100. Apus bagian2 tekstur yang masih nutupin mukanya pake brush tool yang modenya udah di set jadi 'clear' (kerjain di layer tas2-nya lho ya...). Hasil yang gw dapet:
Image hosting by IMGBoot.com

5. Colong tekstur (lagi?) dari tempat yang sama. Iya deeeh... gw emang maling, kerjaannya nyolong mulu.. Tapi yang ngikutin tutor ini berarti jadi maling juga dong! Nggak laaah... =D. Udah ngebacotnya, sekarang colong yang ini:

Pindain tekstur tadi ke ritsu oren yang lagi kita kerjain. Layer tekstur ini harus ada di paling atas. Risi karena ketutupan? Nyabar dung!
Klik layer yang isinya tekstur tadi (kita kasih nama tas3, iye daaah gw amat gak kreatip), terus set modenya jadi 'lighten'. Opacity ama fill tetep 100. Apus bagian2 tekstur yang masih nutupin mukanya pake brush tool yang modenya udah di set jadi 'clear' (kerjain di layer tas3-nya lho ya...). Hasil yang gw dapet:
Image hosting by IMGBoot.com

6. Colong tekstur yang TERAKHIR KALI. Hore... noks. Oke, sekarang sev tekstur yang ini:

Pindain tekstur tadi ke ritsu oren yang lagi kita kerjain. Layer tekstur ini harus ada di paling atas. Masi risi karena ketutupan? Bentar bu... Ntar anaknya juga keluar (gak nyambung). Sebelum mulai bikin ni tekstur jadi bagus, pergilah ke edit> transform> Flip Horizontal. Jadi kebalik kan? Nah terus ke edit> transform> Flip Vertical. Makin kebalik kan? Lanjuut...
Klik layer yang isinya tekstur tadi (kita kasih nama tas4, iye daaah gw amat sangat gak kreatip), terus set modenya jadi 'lighten'. Opacity ama fill tetep 100. Apus bagian2 tekstur yang masih nutupin mukanya pake brush tool yang modenya udah di set jadi 'clear' (kerjain di layer tas3-nya lho ya...). Hasil yang gw dapet:
Image hosting by IMGBoot.com

7. Udaaaah seleseeeeeeeeeee.... Kata siapa? Kata ente yang pinginnya selese sih, yodah... Tapi gw masi pengen nambahin teks.
Gw pake font 'Century Gothic' yang sizenya '2 pt'. Trus gw kasi kata2 'Believe'. Iya iya... Nggak nyambung. Terserah mo dikasih teks apaan, cuman jangan lebih dari satu kata. Takut keramean. Tapi ap tu yu dah.
Untuk warna, gw pilih yang sedikit lebih tua dr begron oren yang dipake ritsu tadi, biar keliatan. Taro layer teksnya di urutan paling atas. Pake move tool, pindahi letak teksnya ke bawah. Jadi tuu kek di cut sepertiga-lah. Belon ngerti? Iya iya... gw emang gak bakat jelasin.. Bukan salah kalian kok nggak ngerti. Kek gini ni:
Image hosting by IMGBoot.com

8. Sadarkah kalian akan sesuatu? (ciaaah) Tapi bener, nyadar nggak? Tuh teks keknya nggak keliatan deh. Well klo gitu kenapa nggak kita kasi outer glow aja?
Klik layer teksnya. Klik kanan, trus klik blending option (Ini buat beginner ya... Klo yang tau shortcutnya, langsung klik aja. Trus pilih blending option). Ceklis pilihan Outer Glow terus klik TULISAN OUTER GLOWnya. Set Blend Modenya jadi 'screen' yang opacity-nya 92. Techniquenya jadiin softer, terus atur spread ama sizenya. Di contoh ini, gw pake spread: 5% n size: 10. Kalo udah, di sharpen. Hasil yang gw dapet:
Image hosting by IMGBoot.com

Selese sudaaaaaah...
Be more creative!
Jaa~

No comments: